Home » » 10 Tips merawat Notebook/Laptop anda

10 Tips merawat Notebook/Laptop anda

Berdasarkan pengalaman pribadi saya saat memperbaiki Netbook yang rusak, seringkali kerusakan tersebut disebabkan hal-hal sepele dan kebiasaan dalam menggunakan netbook tersebut. Berikut sedikit tips mengenai cara merawat Notebook/Laptop anda:
  1. Keluarkan Notebook dari softcase sewaktu memulai bekerja. Jika tidak, lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah Notebook akan tertutup dan menyebabkan kerusakan komponen dalam Notebook karena panas.
  2. Tempatkan Notebook pada tempat yang rata/datar agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah Notebook tidak tertutup. Pastikan Notebook berada di tempat stabil, tidak banyak goyangan dan getaran yang dapat merusakHarddisk, Optical Drive, socket-socket serta komponen mekanik lainnya.Sebaiknya Notebook diletakkan di atas cooling pad , sehingga sirkulasi udara ke dalam notebook akan terjaga sehingga anda aman bekerja dalam waktu yang lama. Harga Harddisk Laptop dipasaran saat ini adalah kisaran Rp. 700rb-an, tentunya sangat sayang apabila harus mengganti Harddisk gara-gara malas membeli Cooling Pad yg seharga kira-kira Rp. 20rb.
  3. Sebelum menghidupkan Notebook, pastikan kondisi batterey masih ada daya yang cukup untuk proses booting sampai menjalankan OS. Bila ragu, pasang adaptor, lalu hidupkan Notebook Anda. Kekurangan daya batterey sewaktu dihidupkan, akan menyebabkan gagal booting dan harddisk dapat rusak permanent.
  4. Sewaktu memasanga Adaptor pastikan stop kontak telah tertanam dengan baik dan stabil baru kemudian jack DC di tancapkan ke Notebook. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop-kontak yang berakibat proses charge tidak stabil. Pengalaman membuktikan akibat stop kontak kendor telah mengakibatkan umur batterey menjadi sangat pendek bahkan ada yang hanya berumur 1 bulan saja batterey rusak. (Ingat battterey Notebook cukup mahal kisaran Rp. 750.000 s/d 1,5 jt)
  5. Jangan biasakan menggunakan Notebook dengan adaptor saja dan batterey dilepas. Rumor diluar mengatakan bila bekerja dalam jangka waktu yang lama sebaiknya baterey dilepas karena bisa rusak akibat overcharge. INGAT !!! Itu akan menjadi malapetaka besar manakala listrik mati tiba-tiba dari PLN. Harddisk dalam Notebook bisa rusak parah berikut data didalamnya. Padahal, file-file DATA kadang jauh lebih bernilai daripada notebook itu sendiri. Jadi, selain sebagai penyimpan daya, baterrey juga berfungsi membantu menyediakan daya yang stabil dikala adaptor saja tidak mencukupi saat Processor bekerja dengan maximum.
    Nah pada bagian ini orang2 pada salah paham atau salah pengertian. kalau batre di copot malah bisa merusak HD, mending klau bisa di perbaiki kalau tidak? apakata dunia.. itu masih mending bila batrai yang rusak atau dah umur nya.. paling harga nya di bawah kalau kita benerin laptop..
  6. Jika hendak membawa Notebook dan dimasukan dalam tas, pastikan Notebook sudah dalam kondisi Shutdown. Apabila masih Standby, dikhawatirkan Notebook tiba-tiba hidup sendiri karena terkadang ada perintah-perintah resident yang terlupakan sewaktu standby. Saat Notebook hidup tetapi masih berada didalam tas, akan terjadi gangguan sirkulasi udara sehingga menjadi sangat panas bahkan chasingnya bisa meleleh. Dan goncangan saat Notebook dalam keadaan hidup, harddisk & data didalamnya akan rusak.
  7. Jangan membawa banyak barang dalam tas hingga berdesakan dengan Notebook, karena dapat mengakibatkan panel LCD Notebook anda retak / pecah. … Ingat !!! harga LCD panel Notebook sangat mahal +/- 2.5 jt )…Pastikan tidak ada benda diatas keyboard karena dapat menggores/memecahkan layar sewaktu di tutup.
  8. Tambahkan pelindung layar (Screen Protector) agar layar tidak mudah tergores, pelindung keyboard (Keyboard Protector) agar keyboard tidak kemasukan debu/cairan yang mengakibatkan kerusakan pada tuts keyboardnya dan gunakan Cooling Pad bila Notebook akan digunakan dalam waktu yang lama, agar sirkulasi udara dalam Notebook terjaga.
  9. Jangan meletakkan Handphone diatas Notebook maupun di atas keyboard notebook. Jauhkan Handphone dari Notebook Anda. Pengalaman membuktikan Handphone sewaktu ada Call atau saat menerima SMS, HP mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga akan merusak chips dalam Notebook yang terbukti sangat sensitive terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips keyboard controller yang mengakibatkan beberapa angka/huruf tidak dapat keluar , bahkan beberapa kasus Mainboard bisa mati total.
  10. Update antivirus Notebook Anda sesering mungkin, hindari situs-situs internet berbahaya, karena banyak spyware, spam, malware, dll. Hindari tukar menukar data dengan sesama pengguna komputer tanpa di check dengan antivirus terlebih dahulu, dan gunakanlah software original (bukan bajakan) agar aman dan nyaman.

0 comments:

Posting Komentar